BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sekarang zaman globalisasi menjadi semakin maju ini dan
perekonomian Negara sangat jauh tertinggal. Sudah banyak perkembangan zaman
yang harus kita ikuti. Salah satunya adalah mengoperasikan internet. internet
sangat berguna bagi masyarakat sehingga masyarakat dapat mengetahui dengan
mudah perkembangan zaman dan dapat mempelajari sesuatu menjadi lebih mudah dan
menyenangkan. Maka dari itu untuk membantu masyarakat kami ingin membuka usaha
warung internet (Warnet) ini di berbagai daerah. Kami dari Siswa SMK Negeri 1
Biromaru Jurusan TKJ (Tekhnik Komputer Dan Jaringan) ingin mengaplikasikan apa
yg telah kami pelajari selama ini di SMK Negeri 1 Biromaru dengan menggabungkan
kemampuan kami untuk membuka usaha yang dapat membantu masyarakat dan juga
memperbaiki Negara kita ini dengan menggunakan sumber daya manusia yang
berkualitas dan berpengalaman dibidangnya masing – masing. Dengan ini maka kami
ingin agar masyarakat dari pelajar, mahasiswa hingga orang tua dapat mengoperasikan
internet sehingga dapat menguntungkan diri sendiri dan orang lain, selain itu
secara langsung juga dapat membantu perekonomian Negara.
1.2 Tujuan
Adapun
tujuan dari pembuatan warnet “Agarniyos Net” ini antara lain :
a. Tujuan sosial :
·
Memudahkan
mengakses informasi secara lebih cepat, baik dari dalam Negeri maupun luar
Negeri.
·
Meningkatkan
mutu SDM masyarakat sekitar dalam mengenal dan menerapkan teknologi dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Menciptakan
lapangan kerja.
b. Tujuan komersial :
·
Mendapatkan
profit
·
Sebagai
lahan berwirausaha
1.3 Manfaat
Dengan adanya usaha warnet ini diharapkan dapat memberi
kemudahan akses internet bagi pelajar, mahasiswa bahkan masyarakat yang butuh
dan semakin peduli dengan informasi global. Dan juga untuk mempercepat
informasi bagi masyarakat agar masyarakat tidak tertinggal dengan teknologi di
zaman modern ini.
BAB II
TARGET PRODUKSI
2.1 Target
Target pelanggan warnet ini adalah :
pelajar dan pemuda masyarakat disekitarnya. Mereka menggunakan internet untuk
hiburan semata yang frekuensinya cukup tinggi. Umumnya mereka hanya membuka
program chatting juga games online dan situs jejaring social lainnya.
2.2 Kebutuhan Sumber
Daya Manusia (SDM)
Untuk mendirikan warnet dibutuhkan tenaga ahli antara lain :
Konsultan warnet
Tenaga ahli listrik
Tenaga ahli networking
Tenaga ahli komputer
Marketing
Operator warnet
Dari uraian kebutuhan SDM diatas,
kami akan memenuhi semua kecuali operator warnet, kami hanya mencari dan mentraining operator
warnet, sedangkan untuk honor warnet diambil dari biaya operasional warnet
bulanan. Jadi untuk pekerjaan tersebut diatas (kecuali operator warnet) tidak
diperlukan biaya jasa lagi.
2.3 Penawaran
Bentuk kerjasama yang kami tawarkan adalah
pendirian dan pengelolaan warnet dengan sistem bagi hasil :
60% untuk YAZRI
40% untuk pengelola
Jadi
kami hanya mengambil profit hanya dari bagi hasil.
BAB III
PROSES PRODUKSI & STRATEGI
PELAKSANAAN
3.1 Waktu & Tempat Pelaksanaan
3.1.1 Waktu
Lama waktu pendirian warnet adalah
selama 1 bulan.
3.1.2
Tempat/Lokasi Pelaksanaan
Rencana
lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai
berikut :
· Lokasi
dekat dengan kawasan pendidikan baik itu perguruan tinggi, Sekolah Menengah
Umum dan Sekolah Menengah Pertama.
· Lokasi
berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran.
· Lokasi
berada ditengah kawasan penduduk.
Lokasi
yang kami prioritaskan adalah di Jalan Dewi
Sartika (Depan
MTsN Palu Selatan) Palu,
dengan pertimbangan :
· Lokasi
dekat dengan beberapa Sekolah Menengah
Pertama dan Sekolah Menengah Umum.
· Lokasi
berada komplek perkantoran yang ramai.
· Lokasi
berada pada perumahan penduduk.
3.2 Proses Pengerjaan
3.2.1 Uraian Pekerjaan
. a. Rancangan denah
untuk LAN dan listriik
b. Pembelian asset
c. Instalasi listrik
d. Instalasi computer
e. Instalasi LAN
f. Instalasi Internet
g. Instalasi Proxy
h. Instalasi Billing
i. Training operator
j. Promosi
Dari poin pekerjaan tersebut diatas,
kami akan mengerjakan semua pekerjaan tersebut diatas. Kami hanya membutuhkan
ruang tempat dan listrik dan modal usaha, selain itu semua kami akan kerjakan
sendiri.
3.2.2 Pembuatan Warnet
Membuat warnet tidaklah sulit. Jika
komputer kita belum terhubung dengan jaringan yang ada, maka lebih baik sebelum
itu kita melakukan instalasi software maupun hardware didalam jaringan komputer
yang ada terlebih dahulu agar memudahkan kita. Beberapa persiapan yang kita
butuhkan diantaranya :
Mesin
dan peralatan yang digunakan :
a.
1
Komputer Operator
Spesifikasi :
·
Intel
Dual Core E2160
·
Mainboard
assus G31
·
Memory
DDR2 2GB
·
Harddisk
160GB
·
Optical
DVDRW
·
Casing
ATX
·
LCD
15″
·
Keyboard
·
Mouse
Optic
b.
10
Komputer Client
Spesifikasi :
·
Intel
Dual Core E2160
·
Mainboard
assus G31
·
Memory
DDR2 1GB
·
Harddisk
40GB
·
Optical
DVDRW
·
Casing
ATX
·
LCD
15″
·
Keyboard
·
Mouse
Optic
·
Headphone
·
1
Modem ADSL
·
1
Switch / Hub D-link 24port
·
1
Printer Epson R230
·
10
Meja lesehan
·
1
Meja Operator
·
1
pasang Speaker Simbada
·
Stapless
Setelah semua alat siap kita langsung ke cara membuat
warnet :
·
Pilih salah satu dari komputer yang
sudah ada untuk dijadikan operator
·
Install aplikasi billing dan
berbagai aplikasi untuk keperluan admin (operator) dan setting billingnya sebagai
operator (admin)
·
Setingg jaringan warnet, settingan
jaringan warnet bisa dilakukan hanya dengan membeli kabel jaringan ( kabel LAN)
ini bisa juga diganti dengan wifi.
·
Kemudian setelah semua jaringan
terpasang dan siap, pasangkan aplikasi billing si semua Komuter dan atur
settingannya sebagai user.
·
Setelah semua beres, anda bisa cek
billing dan kinerja warnet anda anda dan anda bisa restart semua computer.
3.3 Strategi Promosi
Akan kami jalankan pada perusahaan
ini antara lain :
Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer Strategi yang dan internet.
Kami akan menjalankan kembali organisasi yang bergerak dibidang teknologi informasi yang akan menghimpun mahasiswa yang mempunyai keahlian dibidang komputer. Dengan strategi ini, kami menargetkan bisa mendapatkan tenaga freelancer untuk mempromosikan bisnis ini, aset untuk tenaga pengajar dan dapat mengerjakan proyek-proyek IT.
Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer Strategi yang dan internet.
Kami akan menjalankan kembali organisasi yang bergerak dibidang teknologi informasi yang akan menghimpun mahasiswa yang mempunyai keahlian dibidang komputer. Dengan strategi ini, kami menargetkan bisa mendapatkan tenaga freelancer untuk mempromosikan bisnis ini, aset untuk tenaga pengajar dan dapat mengerjakan proyek-proyek IT.
BAB IV
PERMODALAN & ANALISA USAHA
4.1 Permodalan
Modal
Usaha
No.
|
Nama
|
Harga
|
Jumlah
|
Jumlah Total
|
1.
|
Seperangkat Komputer (operator)
|
Rp. 2.100.000
|
1
|
Rp. 2.100.000
|
2.
|
Seperangkat Komputer (Client)
|
Rp. 1.900.000
|
10
|
Rp.19.000.000
|
3.
|
Meja Lesehan
|
Rp. 110.000
|
10
|
Rp. 1.100.000
|
4.
|
Meja Operator
|
Rp. 230.000
|
1
|
Rp. 230.000
|
5.
|
Karpet
|
Rp. 20.000
|
20 m
|
Rp. 400.000
|
6.
|
Speaker Simbada
|
Rp. 250.000
|
1
|
Rp. 250.000
|
7.
|
Printer Epson R230
|
Rp. 1.600.000
|
1
|
Rp. 1.600.000
|
8.
|
Perlengkapan listrik
|
Rp. 200.000
|
-
|
Rp. 200.000
|
9.
|
Modem ADSL 2+
|
Rp. 700.000
|
1
|
Rp. 700.000
|
10.
|
Switch/hub D-link 24port
|
Rp 175.000
|
1
|
Rp. 175.000
|
11
|
Spanduk
|
Rp. 90.000
|
1
|
Rp. 90.000
|
12.
|
Rp. 2.165.000
|
2
|
Rp. 4.230.000
|
|
13.
|
Sewa tempat 1 Tahun
|
Rp. 5.000.000
|
||
14.
|
Biaya Akomodasi
|
-
|
Rp. 200.000
|
|
15.
|
Lain lain
|
Rp. 225.000
|
||
Total
|
Rp. 35.500.000
|
Modal
Cadangan
No.
|
Nama
|
Harga
|
Jumlah
|
Jumlah Total
|
1.
|
Dana Cadangan Piutang
|
Rp. 1.700.000
|
2
|
Rp. 3.400.000
|
2.
|
Dana Tidak Terduga
|
Rp. 1.100.000
|
||
Total
|
Rp. 4.500.000
|
Total Modal
|
Rp. 40.000.000
|
4.2 Rencana Anggaran Biaya (RAB)
1.
penambahan modal oleh pemodal.
2. keuntungan bulanan pemodal, bila pemodal ingin menambah investasi.
3. keuntungan bulanan pengelola, bila pengelola ingin ikut menanam saham.
4. dari pemodal lain yang ingin ikut andil menanamkan saham.
5. dari dana penyusutan barang yang ternyata tidak terpakai. (dana penyusutan ini tetap dianggap sebagai dana dari pemodal).
2. keuntungan bulanan pemodal, bila pemodal ingin menambah investasi.
3. keuntungan bulanan pengelola, bila pengelola ingin ikut menanam saham.
4. dari pemodal lain yang ingin ikut andil menanamkan saham.
5. dari dana penyusutan barang yang ternyata tidak terpakai. (dana penyusutan ini tetap dianggap sebagai dana dari pemodal).
4.3
Analisa Usaha
4.3.1 Biaya Perbulan
No
|
Nama
|
Pengeluaran
|
1
|
Listrik & Air
|
Rp. 1.500.000,-
|
2
|
Gaji 3 Orang Pegawai
|
Rp. 2.100.000,-
|
3
|
Speedy
|
Rp.
710.000,-
|
4
|
Kertas
|
Rp.
40.000,-
|
5
|
Lain-lain
|
Rp.
150.000,-
|
|
Total Pengeluaran
|
Rp. 4.500.000,-
|
4.3.2 Pendapatan Perbulan
Penggunaan Warnet perhari, perkomputer masing-masing 10 jam / hari. Maka pemasukan dari warnet itu
Perhari dapat dihitung :
·10 komputer x 10 jam x Rp 2500/jam =
Rp. 250.000 / hari
·Maka pemasukan dari warnet itu Perbulan
dengan asumsi 30 hari dapat dihitung :
30
hari x Rp. 250.000/ hari = Rp. 7.500.000/ bulan
4.3.3 R/C Rasio
R/C
Rasio = Banyak Produksi x Harga Jual
Total
Biaya
= 10 komputer
x 10 jam/hari x 30
hari x
Rp 2500/jam
Rp.
4.500.000
= Rp.
7.500.000 = 1,67
Rp. 4.500.000
Karena
>1 , maka usaha tersebut Layak .
BAB
V
KESIMPULAN
& SARAN
5.1 Kesimpulan
Usaha Warung internet “Agarniyos” yang rencana Lokasi Operasionalnya
Usaha Warnet ini akan ditempatkan di Jl. Dewi Sartika ini layak untuk di
kembangkan karena memiliki income yang besar sehingga memberikan keuntungan
yang menjanjikan bagi pemiliknya apabila di lakukan dengan baik.
Selain itu Pendirian warnet harus dengan tambahan atau dikombinasikan
fasilitas atau usaha lain yang sejenis sehingga membuat warnet ini lebih unggul
dari warnet lain. Seperti : Game Online, fasilitas pengaksesan internet
dengan Hospot Wifi (prabayar) bagi para pengguna yang lebih nyaman
menggunakan Laptop pribadi dan merancang Situs Portal untuk
mengoptimalkan penyampaian informasi akan produk dan jasa layanan
pelanggan Warnet Global Internet secara online.
5.2 Saran
·
Melakukan strategi Diversifikasi Konsentrik
Caranya dengan
menambahkan usaha baru yang masih berhubungan dengan usaha utama yaitu Game
Online, fasilitas pengaksesan internet dengan Hospot Wifi (prabayar)
bagi para pengguna yang lebih nyaman menggunakan Laptop pribadi dan
merancang Situs Portal untuk mengoptimalkan penyampaian informasi akan produk
·
Melakukan strategi Diversifikasi Horisontal
Caranya dengan
menambah produk usaha lain yang tidak ada kaitannya dengan usaha utama yaitu
penjualan voucer Hand Phone, bisnis ini saat cocok untuk kondisi Warnet
dimana tempat strategi yang berada di sekitar kost pelajar/mahasiswa, menambah
usaha foto copy serta menjual alat tulis.
·
Warnet hendaknya di dirikan di dekat area
pendidikan (sekolah, kampus) dimana mangsa pasar paling besar usaha ini adalah
pelajar.
·
Selalu menjaga kualitas, kebersihan dan
kenyamanan agar pelanggan tidak berpindah.
·
Bekerja sama dengan PT Telkom untuk akses
Internet yang cepat dan murah.
LAMPIRAN
Biodata Pengelola
Nama : Mahniar
TTL : Palu, 21 Mei 1998
Alamat : Desa Sidera dusun 2
Hp : 082386256026
Email : Mahniar21@gmail.com
Website : www.Agarniyos.com
Pendidikan : SMK N 1 Biromaru
0 komentar:
Posting Komentar